Friday, February 24, 2012

Sekilas Pandangan Mata Indonesia Fashion Week 2012

Berikut ini secuil laporan pandangan mata saya di ajang Indonesia Fashion Week 2012 (IFW 2012), yang berlangsung 23 - 26 Februari 2012. Laporannya benar-benar secuil, karena saya belum sempat mengunjungi semua stan pameran. Saya juga cuma nonton satu fashion show.

Thanx so mucho buat Mba Helen,
yang nawarin invitation IFW 2012.

Kemarin pagi, saya iseng merhatiin timeline Twitter, yang isinya dipenuhi kesibukan rekan kerja kantor lama yang lagi ngadain IFW 2012. Akhirnya berujung dengan tawaran nonton fashion show "Earthvolution", kemarin (23 Februari 2012), pukul 15:00. Langsung saja saya iya-in. Saya memang berencana cuci mata di pameran IFW 2012. Wah kebetulan banget dapat invitation di salah satu fashion show-nya :) Seumur-umur, saya baru sekali nonton fashion show di event besar seperti ini.

Abis Dzuhur, saya meluncur dari rumah. Senangnya, punya rumah dekat "pangkalan" Transjakarta yang jalurnya melewati Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, tempat berlangsungnya IFW 2012. Tinggal duduk manis, kurang lebih 45 menit, sudah sampai di JCC. Tambah senang karena jalanan waktu itu lancar... car... car...

Sampai sana, abis cipika cipiki sama Mbak Helen yang lagi ribet di back stage, saya 'menjemput' invitation sekaligus tanda masuk IFW 2012. Pas masuk, langsung cari spot yang ada tulisan IFW 2012, buat foto-foto. Biar eksisss. Ahahahaha.

Minta tolong fotoin Mas-mas yang lagi berdiri deket situ. Ahahaha.


Melirik Pameran
Saya punya waktu, kira-kira 1,5 jam, sebelum "Earthvolution" dimulai. Langsung saya ngacak-ngacak salah satu sisi bagian pameran. Di ruangan utama, exhibitor-nya industri fashion yang lazim kita lihat di mal, seperti The Executive, Hammer, Nail, dan lain-lain. Juga beberapa industri kosmetik dan perawatan rambut. Nah, di sisi kanan dan kiri, bertebaran para exhibitor, yang menurut saya banyak karyanya yang lucu-lucu. Tapi sayang, kemarin saya tidak survei harga karena takut "ngiler" atau justru nggak mampu beli. Ahahahaha.

Pilihan pertama jatuh pada sisi kiri. Berikut ini beberapa penelusuran yang memikat mata karena unik dan Indonesia sekali. Koleksi anak-anak juga tak kalah lucunya. Oiya, ada beberapa booth yang menolak untuk difoto dengan alasan takut desainnya dicontek. Menurut saya sih agak "berlebihan" ya. Justru dengan difoto orang akan tahu karyanya seperti apa. Tapi ya sudahlah, saya menghormati permintaan si pemilik booth.

Tita Koeshartanto
(C122)

Dara Baro.
(C126)

Aksesori Dara Bajo.


Tre Batik.
(C130)

Sari Ronche.
(C123)

Kenes Jogja.
(C85)

BugsyDelight.
(C94)

Daradara.
(C91)

RetroGaga.


Sha Bag, (C62)
Dompetnya lucuuuuk!


Karena kantong lagi "bolong", saya cuma bisa bawa pulang satu tas selempang kecil bergambar burung hantu dari booth RetroGaga. Tapi, sebenarnya saya menyesal, karena tepat di sebelahnya, ada tas hitam bergambar kucing dan ukurannya lebih besar. (Makanyaaa My, kalau mau beli, hunting dulu sampai selesai, biar nggak nyesel -__-). Eh tapi, berdasarkan pengamatan saya kemarin, banyak pengunjung yang kalap belanja di IFW 2012. Selewatan saya dengar ibu-ibu atau oma-oma sosialitah nawar "650 aja ya? 1,2 boleh?" Ckckckck, duitnya pada banyak bener yak. (Menatap nanar dompet kosong). Eh tapi kok horang kayah masih nawar yaaa? Ahahahaha. (sirik aje ihh).

Satu-satunya "jarahan" saya dari IFW 2012.


Menikmati "Earthvolution"

Pukul 15:00 kurang, sudah ada pengumuman bahwa sebentar lagi fashion show dimulai. Saya langsung meluncur ke stage A, supaya bisa melihat show dari awal. Hehehe, saya bertemu banyak kolega yang bertugas saat itu, seperti Kristina, Yulis, Trinzi, Mbak Bril, Miwwa, Tessa, ahhh banyakkk deh pokoknya. Jadi berasa datang ke event sendiri dan pengin bantuin. Hihihi. (Sukses ya guys!)

Asik ada teman ngobrol :p
Ah senangnya saya dikasih tiket gold, jadi saya bisa duduk di posisi nyaman. Saya duduk di barisan kedua. Tadinya ngiler duduk di front row, tapi ternyata itu buat undangan khusus seperti selebritis. Lagi bengong-bengong nunggu show dimulai, ehhh ketemu teman kuliah saya, Neng Aan yang bertugas meliput.
Yak, show dimulai, saya pun standby dengan handycam. Show kali ini bertajuk "Earthvolution", diisi oleh 4 desainer perempuan. Berturut-turut tampil koleksi Ria Miranda, Faradina, Jenahara Nasution, dan Khanaan Shalman. Koleksi Ria Miranda dan Jenahara Nasution dikhususkan untuk perempuan berkerudung. Sedangkan karya Faradina dan Khanaan Shalman, walaupun tak khusus, tapi bisa diaplikasikan untuk muslimah. Saya menebak judulnya dipilih demikian karena menampilkan warna-warna yang membumi (ugghhh sotoy deh saya).

Ria Miranda's Collections.



Faradina's Collections.



Koleksi Jenahara Nasution.



Khanaan Shamlan's Collections.



Sebenarnya saya tidak terlalu mengerti fashion, walaupun saya tertarik sekali ingin mempelajari. Dari empat koleksi tadi, saya paling suka karya Ria Miranda karena potongan longgarnya yang nyaman, bahan yang sepertinya ringan, dan warna-warna lembut pastel. Cantik! Rupanya, tak sembarangan Ria memilih nuansa pastel. "Pastel kan emang salah satu tren warna fashion 2012," kata Neng Aan sang fashion stylist salah satu media ternama di ibu kota. Info Neng Aan disahihkan pendapat desainer kondang dari New York City, Nanette Lepore, di Pantone dot com.

Show selesai kira-kira pukul 16:00. Tadinya saya ingin lihat-lihat banyak booth yang masih belum saya 'sentuh'. Tapi karena bawaan yang agak ribet (kebetulan Neng Aan mulangin 2 buku saya yang beratnya ampun-ampunan), saya memutuskan pulang saja. Besok atau lusa mungkin saya ke sana lagi :)  

Overall, i really enjoyed the show dan mau banget kalau dikasih invitation lagi :p


Ini salah satu cuplikan "Earthvolution" yang saya rekam pakai handycam. Koleksi ini milik Ria Miranda. Enjoy watching.




P.s: Kalau belum ada rencana weekend ini, silakan cuci mata ke IFW 2012. Dengan membayar tiket pameran Rp10.000, kamu bisa melihat produk fashion karya kreatif anak bangsa. Selain itu, juga ada talkshow atau demo gratis untuk dihadiri. Untuk info lengkapnya, silakan intip situs resmi IFW 2012. Kalau bukan kita yang meramaikan perhelatan anak negeri ini, siapa lagi?

7 comments:

  1. bikin siriiik...mau dong liat2 IFW. Pengen banget liat fashion stuff. Seneng aja buat insiprasi. Bukan berarti korban mode hehehe....

    Thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. dompetnya lucuuuu!!!!
    td liat laporannya di tv bikin ngiler jg.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk,
      aku aja sabtu ini mo iseng2 main lagi :p

      Delete
  3. wihhhhhh lucu2 barang2 di pamerannya...pengen euy!!! tapi nggak bisa dateng huks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dateng pagi aja Nengg. Jam 08:00 atau 09:00 udah buka. etapi kamu udah tepar ya abis shift malem. ahahahaha

      Delete
    2. eh serius jam 8/9 udah pada buka?!? pamerannya udah ada belom jam segitu? klo pagi jam segitu udah buka aku mau lanjut terus ini dari kantor kesana sambil cari sarapan di jalan?

      Delete