Thursday, March 8, 2012

Tentang Mama, Putrinya, dan Belajar Memasak

Taken from here.


Ya, setiap peristiwa terjadi untuk sebuah alasan. Begitu pula kejadian papa ngomel-ngomel karena nggak ada makanan. Salah satu alasannya mungkin karena saya harus mulai belajar dan mencoba memasak.

Sepulang Mama dari Padang, saya langsung cerita ke beliau soal omelan Papa. Reaksi Mama sedikit berbeda. Biasanya Mama akan menjawab, "Tuh kannn, emangnya enak nggak ada Mama?" Jawabannya kali ini cukup menenangkan hati, "Ayo,  sekali-kali belajar masak sama Mama. Lihatin Mama masak di dapur."

Pertanyaan yang kemudian muncul dari mulut saya seperti sebuah penuntutan tanggung jawab kepada seorang ibu. "Kenapa dulu Mama ngelarang emy bantuin di dapur? Kalau dulu boleh bantu, emy pasti sekarang sudah biasa di dapur." Hmmm, sebenarnya saya tidak berniat menyudutkan Mama. Hanya penasaran saja apa alasannya.

Mama diam sebentar, seperti menyesali sesuatu. "Dulu Mama kasihan sama kalian. Sudah capek di sekolah dan banyak pe-er. Sekolah kalian kan jauh." Tadinya saya ingin protes, karena saya ingat dulu Mama melarang saya karena takut direcoki. Tapi saya menghormati jawaban beliau. Jangan-jangan memang benar itu alasan sesungguhnya.

Akhirnya kami sepakat akan belajar memasak. Mulai dari masakan sehari-hari seperti nasi, sambal tomat goreng (menu wajib keluarga kami), sayuran dan lauk praktis lainnya. Sumpah ya, saya tidak bisa memasak nasi, padahal tinggal colok rice cooker. Saya tidak tahu takaran airnya. Dulu sekaliii, sewaktu berkemah, saya pernah belajar memasak nasi dengan dandang aronan, tapi saya sudah lupa.

Saya memutuskan berhenti menyesali hal yang sudah lewat. Justru saya bersyukur, karena omelan Papa, saya jadi tergerak untuk belajar memasak. Dan saya tidak perlu menunggu kondisi darurat dulu (seperti Mama sakit atau saya tinggal sendirian di luar negeri) baru "nyemplung" ke dapur. Alhamdulillah, saya masih punya kesempatan belajar langsung dari Mama. Siapa tahu kalau sudah terbiasa, saya bisa masakin Mama dan Papa. Mama tinggal duduk manis saja deh :)

Soal keterampilan memasak ini, saya teringat kicauan seorang teman kuliah di Twiter:
@nectarmadu: Renungan hari ini: life skill yg harus diajarkan sedini mungkin u/ anak: bercocok tanam&masak, jgn sampai mereka hanya jd 'penikmat' saja :)

Hmmm benar juga. Meskipun hidup dengan harta yang berkecukupan, orang tua harusnya jangan lupa mengajarkan anak life skill  dasar untuk bertahan hidup seperti memasak. Saya bertekad, kalau nanti punya anak, akan mengajarkan mereka memasak (termasuk anak laki-laki). Supaya mereka tidak seperti ibunya yang masih linglung di usia hampir menginjak kepala tiga.

8 comments:

  1. Replies
    1. sabar ya pembaca setiaku :* ini baru prolognya.
      tunggu post lanjutannya sebentar lagi.

      Delete
  2. hihihi nyokap gw juga dulu gitu tiap kali gw mau bantuin gak boleh bilangnya ngerecokin, sampe gw bener2 mulai masak2 itu pas ngekos dan pas tinggal di luar yang nota bene banyak makanan gak halal dan emang lidah gw ndeso cocoknya ama makanan kampung jadi mau gak mau gw masak deh...
    klo skrg jadi anak rumahan lagi...nyokap gw deh yang boss nya di dapur anaknya ini tukang makan doank :P (*tapi kalo cake2 gitu gw masih sering bikin sndiri :D)...ayo kita memasak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk Neng! *serius*
      ajarin gw yg gampang2 dulu deh.
      target terdekat gw sih, masak yg dasar2 dulu.
      ato mo coba kursus bikin kue or masak?
      adek kelas gw sering ikut tuh.
      nanti gw tanya deh.

      Delete
  3. yup... sebenernya dalam hal apapun ya, akan selalu lebih baik kalo diajarkan sedini mungkin.. ya gak... :)

    ReplyDelete
  4. eh, beneran kamu teh ga bisa masak nasi walau pakai rice cooker? O.o

    selanjutnya masak apa? hihi asiikk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrrrrrr :(( sungguh mengenaskan ya aku ini.
      selanjutnya, mau coba sop-sop an dan tumis2an.

      aku mau belajar yang simple2 dulu.
      kalau udah terbiasa, baru coba masakan Padang.

      Delete