Tuesday, September 4, 2012

Sambal Bu Rudy dari Ancil


Pulang dari acara buka puasa bareng Owan, saya nebeng Ancil. Pas saya baru duduk di mobilnya, Ancil minta maaf kalau mobilnya bau bawang. "Soalnya di belakang ada Sambal Bu Rudy. Eh, kamu udah pernah nyobain?" Saya menggeleng. Meskipun pecinta pedas, saya memang belum pernah mencicipi sambal maha tersohor dari Surabaya itu. Ancil menawarkan saya sebotol. Asyikkk! Sayangnya, malam itu kami  lupa 'transaksi'. Ancil baru ingat beberapa saat setelah kami berpisah. Saya malah baru ingat setelah di-BBM Ancil.

Karena waktu itu saya sudah nggak ke kampus lagi (kantor Ancil dekat kampus tempat saya ngajar),  akhirnya kami janjian setelah Lebaran. Lebih tepatnya lagi, pas saya ada jadwal ke kampus. Dann, hari itu adalah kemarin! Yak, kemarin saya ada kick off meeting untuk semester mendatang. Kelar meeting, saya nyamper ke depan kantornya Ancil demi menerima goodie bag cantik berisi Sambal Bu Rudy. Wow, ternyata Ancil ngasih saya dua botol! Plus sepiring plastik udang kecil kering. Trimikisi yaaa Ncilll :*

Dari situ, saya harus ke daerah Blok-M untuk ngurusin 'anuan'. Sebelum naik TransJakarta, saya sempat mengendus Si Sambal. Bau bawang menyeruak. Saya segera menutup rapat plastiknya. Nggak enak kalau orang satu bus komplain gara-gara bau bawang.

Sampai rumah saya langsung coba sambalnya. Pertamanya biasa saja dan tidak terlalu pedas. Iya sih, saya memang Ratu Pedas. Kalau nggak sampai bikin saya langsung minum, berarti itu belum masuk kategori pedas. Eh tapi, setelah saya cocol pakai lettuce, Sambal Bu Rudy kok bikin nagih yah? Nggak kerasa, saya nambah lagi beberapa sendok. Akhirnya perut saya kembung, kebanyakan gas dari sambal -_______-  Btw, udang kecil keringnya enak. Kriyuk-kriyuk gurih.

Mama dan pengasuhnya Umar ikut nyicipin. "Whuahhh, pedass banget My... Ini mah namanya sambal setan," komentar Mama kepedasan. Pengasuhnya Umar juga bilang gitu. Mereka suka udang keringnya. Umar juga nyobain. "Sedap banget kerupuknya, Nte." Karena garing, doi anggap itu kerupuk.

Pas nyocol sambal tadi, saya terbayang-bayang muka Romleh, sesama pecinta pedas tapi belum pernah nyobain Sambal Bu Rudy yang ngehits itu. Langsung deh saya sisihkan satu botol dan sebagian udang kecil keringnya (bagi dua kaga nape2 ye Mleeh?). Saya masukin ke kulkas supaya awet. Soalnya baru ketemu dia beberapa hari lagi.

Anyway, barusan saja nih. Saya hampir keasikan nyocol Sambal Bu Rudy. Kali ini pakai brokoli. Padahal tadinya niat nggak mau makan malam. Tapi tenang, besok-besok kayaknya nggak lagi. Enggg, soalnya.... sambalnya sudah mau habis. Hahaha :p


10 comments:

  1. sambal bu rudy ini kayaknya ngetop banget ya em...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi Mas. akhirnya gue nyobain juga. walopun menurut gue kurang pedas, tapi bikin nagih :p

      Delete
  2. HASEEEEEEEEIIIKK.... cepetan ahh kita ketemuan. tak sabar aku menerima sambel-yang-belom-pernah-dicoba itu. pasti enyaaak :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. don't expect too much.
      cobain sendiri aja nanti.
      lain lidah, lain rasa.
      see you on sunday, Mleh :*

      Delete
  3. Aku belom pernah nyobain Kak. Nggak gitu doyan juga, tapi penasaran karena tenar:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, aku pengin coba karena ketenarannya itu.
      enak sih, tapi buat aku kurang pedas. hehe

      Delete
  4. ini sambal bu rudi surabaya kan ? dulu aku pernah jualan sambalnya tapi cuma sekali doang hehehe...

    halo salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Ifah, salam kenal :)
      iya benar sambal Bu Rudy Surabaya :)

      Delete
  5. Replies
    1. di lidah saya sih, kurang pedas. tapi enak dan bikin nagih!

      Delete