Friday, January 27, 2012

Mr. Nolan Cheated On Me!

"Menyapa Mimpi."


"Nolan pasti mencontek saya! Sama persis!" Begitu reaksi pertama saya saat menonton Inception karya Christopher Nolan. Ya, saya tahu. Tidak mungkin Nolan mencontek, kenal saja tidak. Sebut saja  ini sebuah pengalaman yang sama. Hmmm, saya tak tahu pasti apakah cerita ini pengalaman Nolan atau dia hanya berimajinasi. Kapan-kapan saya tanyakan langsung, jika saya berhasil menelusuri Six Degrees of Separation antara saya dan dia.

Apa sih yang sama?
Pengalaman (atau ide) bahwa kita bisa bangun dari mimpi dengan memberikan "a kick" atau "sebuah tendangan" di dalam mimpi, seperti lompat ke jurang, jatuh ke sungai, dan lain-lain. Saya begitu. Seringkali saya sadar sedang bermimpi. Dan kalau sedang mimpi buruk, dikejar-kejar penjahat misalnya, saya pasti segera mencari "tendangan". Biasanya, saya berlari ke tebing, gedung tinggi, atau tempat tinggi lain yang ada di mimpi saya. Kemudian saya melompat, bangun deh. Gerombolan penjahat pun hilang. 

"Tendangan" lainnya adalah saya sengaja mengambil pisau si penjahat dan menusukkannya ke perut saya.  Karena sadar itu cuma mimpi, saya berani saja menancapkan beda tajam itu di perut saya. Rasanya? Tentu sakit. Tapi sebentar saja. Toh saya segera bangun dari mimpi. Kalau tidak ada tempat tinggi dan benda yang "nampol", saya sengaja "pasang badan" ketika karakter jahat di mimpi saya menyerang. Dengan cara ini saya hampir selalu berhasil. Aneh? Saya pun bingung.

Jika sedang sial, pernah juga saya tidak sadar sedang bermimpi. Tapi ini jaranggg sekali. Nah, kalau mimpi macam begini, bangun-bangun pasti capek! Seperti beberapa hari yang lalu. Saya mimpi sedang di atas bus bersama dua orang teman. Saya menaruh ransel di rak atas. Teman saya melarang, khawatir ransel saya tertinggal. Benar saja. Saya turun tanpa menyandang ransel. Saya panik setengah mati karena di dalamnya ada laptop satu-satunya. Melapor ke kantor polisi, nihil. Lemas. Saya sama sekali tidak sadar sedang bermimpi. Setelah terbangun dan melek, saya lansung loncat mencari laptop saya. Untung masih ada. Lega.

Ini baru satu contoh aneh mimpi saya. Ada beberapa lagi. Lain waktu disambung.

Selamat siang Jakarta. Mimpi apa kamu semalam?


[Btw. movies marathon kayaknya enak nih. Contraband - The Thing -5 Days of War. Berangkattt!]

No comments:

Post a Comment