Friday, January 27, 2012

Pergi... Nggak... Pergi... NGGAK!


Yak, saya akhirnya nggak jadi movies marathon siang ini. Padahal udah semangat 45. Kenapa? Tiba-tiba perasaan saya kuat banget bilang nggak usah keluar rumah siang ini. Karena itu juga, saya menolak traktiran Sushi Tei. *nelen ludah*

Memang sih, saya sering malas memulai ritual sebelum keluar rumah. Tapi yang ini beda. Bukan karena di luar panas atau gerimis. Bukan juga karena ngebayangin jalanan bakal macet. Tapi sebuah perasaan nggak tenang dan bikin nggak yakin untuk pergi. Walaupun udah ready dan mood keluar, seperti ada yang membuat saya enggan melangkahkan kaki.

Saya pernah melawan atau mengalihkan perasaan itu, dengan cara mikirin hal-hal enak yang bakal saya temui kalau pergi (nonton film, ketemu teman sambil santai ngopi, atau makan Bakmi GM). Ehhh ternyataaa.... *jeng-jeng* saya kena musibah atau kesialan bertubi-tubi. Yang paling saya ingat sih kejadian tahun lalu. Saya janji ketemuan teman kuliah hari minggu. Dia mau konsultasi tesisnya. Janjianlah kami di Starbucks Sarinah. Saya udah siap-siap dari pagi, nggak enak kalau terlambat. Udah rapi, tinggal beresin tas. Tiba-tiba ada perasaan yang sama seperti tadi. Tapi saya cuekin. Saya yakin, niat saya kan baik. Mudah-mudahan nggak kenapa-kenapa. Berangkatlah saya.

TransJakarta Pinang Ranti - Semanggi, mulus. Pas jalan dari shelter Semanggi ke shelter Benhil, tiba-tiba hujan deras sederas-derasnya. Pakai petir dan kilat gede-gede. Pakai angin kencang pula. Orang-orang pada neduh, nggak ada yang nekat seperti saya. Pede benar nerjang hujan. Nggak pakai payung!

Sebenarnya jembatan itu ada atapnya. Tapi karena anginnya kencang, udah pasti saya basah kuyup kena tampias dari kiri kanan. Waktu itu saya bawa satu tas sandang besar (isi laptop dan buku-buku) dan dompet sedang yang isinya BB, dompet kecil, dan flash disk. Di tengah-tengah jembatan (kira-kira di dekat Atmajaya), saya kepeleset karena lari. Dompet di tangan jatuh. Blasss, kaki saya lolos ke pinggir pagar. Untung badan saya gede, nggak mungkin lolos dari celah itu. Tapi tetap aja ngeri. Tapi justru yang bikin lemas adalah dompet saya jatuh ngelewatin celah pagar, alias jatuh ke jalanan. Saya nggak sempat nangkap. Oiya waktu itu benar-benar nggak ada orang di jembatan. Di jalanan pun sepi. Orang-orang mungkin pada berteduh.


Lokasi sekitar TKP.
(taken from here)

Saya nengok ke bawah, dompet saya jatuh di tempat yang 'aman': (semi trotoar) antara jalur lambat dan jalur cepat. Mau teriak ke bawah minta tolong "selamatin" dulu, tapi saya tengok-tengok nggak ada orang. Mau diambil, jalannya jauh. Jembatan masih panjang. "Jangan-jangan pas sampai bawah udah diambil orang," saya ragu. Tapi saya nggak langsung nyerah. Ya, at least saya usaha dulu. Kalau pas di bawah udah hilang, berarti bukan rezeki saya.

Saya cuek basah kuyup demi ngambil dompet itu. Tas saya juga basah. Asli saya nggak ingat di tas itu ada laptop. Dannnn sampailah saya di TKP. *Jeng-jeng* dompet saya raib. Di belokan antara Atmajaya dan Plaza Semanggi ternyata banyak tukang ojeg neduh. Cuma, nggak kelihatan dari atas jembatan. Saya bolak-balik nyari, nihil. Tau lah saya nggak mau nuduh siapa-siapa. Memang bukan rezeki saya.

BB, uang cash Rp500rb, dan flashdisk (data-datanya itu lhoooo) hilang. Dannn yang bikin nyesak tentu kehilangan KTP, SIM, dan kartu ATM. Duh, kebayang ribetnya ngurus kartu-kartu itu. Saya cuma bisa bengong dan lemas. Nggak bisa mikir apa-apa. Sampai saya lupa, teman saya nungguin di Sarinah. Ada kali sekitar 30 menit saya beredar di sekitar jembatan situ. 

Saya bingung, duit nggak ada, mau nelpon pakai apa? Mau nekat nyusul ke Sarinah, saya udah basah kuyup.. yup.. yup.. Akhirnya saya stop taksi, pulang. Nanti minta bayarin sama orang rumah. Di taksi saya baru sadar, ya ampunnn tas saya basah. Apa kabar laptop saya? Untungg tas saya lumayan tebal, jadi laptop saya nggak basah. Ya, lembab sedikit sih. Dan saya baru ngeh saya bawa modem. Saya nyalain laptop trus nyalain internet. Saya nyalain YM, ngabarin kondisi ke teman. Dia juga bingung dan khawatir saya nggak sampai-sampai. Karena pas mau turun di Semanggi tadi saya sudah update posisi by sms. Dia sempat nggak enak. Yah, ini semua bukan salah dia. Emang saya saja yang apes.

Apesnya udah kelar? Tentu belum. Sampai di rumah, orang rumah pada pergi semua. Kunci serep ada di dompet yang hilang. Bayar taksi gimana dong? Kayak kucing abis kecebur got, saya ngetok-ngetok tetangga saya, minjam duit Rp80rb. Sekalian minjam handuk untuk ngeringin badan. Oiya, pinjam telepon juga, suruh orang rumah cepat pulang. Haduhhh, what a day!

Sejak kejadian itu, kalau merasa nggak yakin keluar rumah, saya batalin pergi.



6 comments:

  1. ya ampun!!!
    untung (masih aja untung hehe) ada tetangga ya yang bisa minjemin uang.
    tapi kadang emang shit does happens ya... we never know.... mesti lebih hati2 dan waspada aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Ah iya saya lupa nulis. Saya kualat sama si Mama. Mama udah wanti2 ngelarang saya nenteng2 dompet. "Masukin, nanti jatoh." Aku cuek bilang "Ga bakalan". Ehhh kejadian. Sejak saat itu aku ga pernah nenteng2 dompet lagi. Hahaha.

      Delete
  2. wihiy ceritanya seruuu.. kaya lagi petualangan! seperti lagi ngalamin deh :)

    memang ya paling males kalo kartu2 itu yang hilang, repot ngurusnya.. btw kalo ortu bilang, keluar rumah berdoa dulu, biar ga ada apa-apa di jalan :P

    *aku juga pernah ngalamin hal yang hampir mirip, tentang kehilangan barang juga, nanti aku share. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik share yaaaaa. nanti aku mampir ke Hamburg. #eh :p

      Delete