Thursday, January 26, 2012

Vocab Oh Vocab...

Credit: Thiago Felipe Festa (sxc.hu)

Percakapan dengan seorang teman baru.
Saya manggil dia Upil, dia manggil saya Montok.

Jadi ya, Si Upil ini kemampuan linguistiknya sangaaat baik. Bahasa Inggrisnya, lisan dan tulisan, sangat baik. Dia juga bisa Bahasa Belanda. Kalau mood belajar bahasa lain, saya rasa dia cepat tangkap.

Saya: Ih canggih jadi guru EF. Ajarin gue donggg. Grammar sih masih lumayan, bisa belajar sendiri. Vocab, lumanyun :( 
Upil : Heh? Masa sih? Lo kan jurnalis. Pasti english nya bagus. Kalau soal vocab susah ngajarinnya. Itu masalah otak lo yang susah ingat, Ntok. (Sial. Mungkin benar juga).
Saya: Ya, minimal lo kasih gue vocab yang susah setiap hari. Kasih tau artinya, nanti gue ingat-ingat.
Upil: Ah lo Ntok. Gue kasih tau bahasa Padang "maco" aja lo lupa mulu artinya ikan asin.
Saya: Pill, gue serius pengin bisa nulis dan ngomong english yang rada beneran.
Upil: Oke, gue kasih tips sedikit ya. Tips ini sebenarnya jarang gw lakuin. Ahahahahaha.
Saya: Yeee, gimana sih?
Upil: Oke, serius ya. Setiap hari, mulai sekarang:
  • Lo coba baca JakartaGlobe. Menurut gue Bahasa Inggrisnya lumayan gampang dimengerti.
  • Tapi sebelum itu sebaiknya lo baca Detik atau Kompas, biar nyambung. Jadi, lo nggak bingung-bingung banget baca JakartaGlobe-nya.
  • Nah, setiap ada kata baru yang lo nggak tahu, catat. Cari artinya, di Sederet juga boleh.
  • Abis itu, coba bikin resume singkat dari berita yang lo baca itu, pake si kata baru itu. Begitu. Tapi, lo harus rajin. Nggak boleh males.
Saya: (angguk-angguk, nggak yakin bisa nggak males).

Beberapa waktu lalu, Ikot, teman kuliah saya, juga pernah saya tanyai soal Bahasa Inggris. Dia pernah ikut short course ke NZ. Hampir mirip penjelasan si Upil, Ikot bilang begini (kira-kira):
"Kalau soal ngomong Bahasa Inggris, menurut gue sih cuma masalah pede aja. Palingan gue dilatih untuk baca buku atau artikel yang berhubungan dengan akademis (misalnya jurnal atau karya ilmiah lainnya). Nah kalau nemu kata yang lo nggak ngerti, catat deh di kartu kecil gitu. Cari artinya dan cari pasangan kata atau atribut yang biasanya ngikutin kata itu. Misalnya subdivided (biasanya diikutin kata) into(Sebenarnya bukan frase ini yang dicontohin Ikot. Saya lupa :( ). Trus, coba bikin kalimat pakai kata atau frase itu. "
Baiklah teman-teman, saya coba yah...
Ada yang mau kasih tips gimana bisa cas cis cus dan koleksi vocab bertambah? Bagi-bagi ilmu ya...



[sedang mendengar: Album Quite Down - Adhitia Sofyan, yang baru diunduh kemarin :D]

2 comments:

  1. Bahasa Inggris aku belajar dari sesame street waktu kecil.. hahaha.. Ampuh banget loh acara SS itu. Sayang pas aku udah gedean, SS di Indo di dubbing.. #krik bubar deh acara belajar bahasa inggrinya..

    Eniwei, aku sekarang belajar bahasa inggris dari nonton film dan baca buku. Nonton film biasanya bikin kita tau cara pengucapan suatu kata itu gimana dll. Baca buku karena banyak kata2 baru disana yang lumayan buat nambah vocab. Baca blog2 berbahasa inggris juga bantu. Tapi jangan baca blogku.. hahaha.. makin absurd nanti bhs inggrisnya.

    ReplyDelete
  2. Hmmm iya Be, kadang banyak nemu vocab banyak dari film. Tapi ya gitu dehh, lupis. Harusnya aku tulis di catatan kecil kali ya.

    Harus niat nambahin vocab. Selama ini sih, kalo ngobrol bisa-bisa aja. Tapi ya vocabnya itu-itu doang. Lagian kebetulan percakapannya sehari-hari aja. Nah, pengin belajar yang rada canggihan gitu.

    Apalagi kalau mau nulis yang rada formal atau ilmiah, duhh mentog di vocab. Lalaalalala.

    Dulu perasaan SMA canggih deh bahasa Inggrisku.
    Kenapa jadi oon begni ya sekarang.

    ReplyDelete