Wednesday, February 8, 2012

4B: Bukan Bau Badan Biasa

Kalau sebelumnya ada vocal group "maha dahsyat" bernama BBB (Bukan Bintang Biasa), sekarang saya punya yang lebih canggih: BBBB (tuhh B nya ada 4).

Tadi pas chit-chat sama Indy, dia cerita temannya naik taksi Burung Biru yang supirnya bau badan. Kami langsung ingat kasus sama yang saya alami 3 tahun lalu. Saya curiga, jangan-jangan itu Pak Supir yang pernah saya temui.

Waktu itu saya dan fotografer harus liputan ke daerah Kelapa Gading. Karena tidak kebagian jatah mobil kantor, akhirnya kami naik taksi. Insiden bau badan itu terjadi waktu perjalanan balik ke kantor. Awalnya, saya lebih milih cari taksi tarif bawah, tapi nggak muncul-muncul juga. Karena masih banyak kerjaan di kantor, ya sudahlah stop si Burung Biru.

Saat buka pintu, saya sudah mencium bau nggak enak. Tapi saya cuek, berharap baunya akan hilang. Ehhhh, ternyata malah tambah menusuk. Ya memang semua orang pasti badannya pernah bau kurang sedap, misalnya habis beraktivitas seharian dan berkeringat. Tapi kan baunya masih kategori wajar ya... Nah kalau si  Pak Supir ini? Ampunnn dehhh baunya tuh bau bawang parahhhh. Menurut saya bau badan dia itu sudah kategori penyakit dan harus segera diobati.

Tadinya saya hampir nekat turun, tapi ribet ah harus stop taksi lagi. Ya sudah, saya memutuskan tahan napas saja. Jadi, saya napas lewat mulut. Berhasil, saya nggak nyium bau "wangi" si Pak Supir. Oiya, fotografer yang duduk di depan cuek saja. Namanya juga cowok, kadang suka nggak aware. Yang saya ingat waktu itu, ac mobilnya dingin dan hembusan anginnya kencang sekali ke arah saya. Tapi karena suka dingin, saya nggak protes. Malah senang.

Pas sampai kantor dan turun dari taksi, saya girangnya bukan main karena bisa bernapas normal lagi. Tapiiii, kok bau "wangi" nya masih adaaaa??? Kerasa banget malah. Laluuu, saya cium baju saya, jilbab saya, tas saya, legging saya. OMG, itu baunya nempellll semuaaaaaaa. Fotografer juga mengalami hal yang sama tapi baunya tidak sepekat saya.

Saya baru ingattt, itu pasti gara-gara angin ac yang berhembus kencang langsung ke badan saya. Bau badan itu pasti kebawa hembusan ac. Apalagi dalam tempat tertutup di taksi dan dalam waktu yang cukup lama (1 jam-an). Sumpah, saya nggak lebay. Itu asli baunya ampun-ampunan. Pas di lift aja orang-orang pada nutup hidung. Pas ke ruangan juga :( Saya sudah bilang teman-teman sekantor untuk nutup hidung. 

Pengin banget rasanya pulang ke rumah, lalu mandi dan ganti baju. Sayangnya, saat itu saya masih ada satu liputan lagi. Dan saya juga nggak punya cadangan baju lengkap di kantor. Akhirnya, teman-teman pada bantuin minjamin saya baju ganti. Ada yang kasih kaos goodie bag liputan, ada yang minjemin pasminanya (buat jilbab), ada yang kasih kain (buat bawahan), ada yang minjemin jaket (karena kaos yang dipinjemin tangan pendek). Tapi tetap saja, baunya masih nempel di underwear saya (duh betapa dahsyatnya itu bau badan).

Baju busuk itu tadinya mau saya buang, tapi sayang ah. Akhirnya saya bungkus plastik berlapis-lapis. Lalu, karena malu pakai kaos dan kain ke liputan, saya minta anterin teman ke Sarinah untuk beli blouse dan jeans murah meriah. Walaupun sudah ganti baju, tapi baunya masih nempel :(( Tas saya juga ikutan bau. Sampai sekarang saya masih ingat bau busuk itu. Iewwwww.

Saya heran, apa teman atau bos si Pak Supir itu nggak ada yang mengingatkan ya? Kasihan penumpang yang naik taksi dia. Pasti nggak betah. Apalagi taksi Burung Biru kan selama ini citranya cukup baik. Saya jadi ingat cerita sepupu saya yang pernah kerja di restoran fast food. Dia pernah menegur anak buahnya (seorang waitress) yang punya masalah bau badan. Dia juga membantu anak buahnya untuk mengobati bau badannya itu. Kebayang nggak sih, dilayani waitress yang "wangi" nya ampun-ampunan? Pasti nafsu makan langsung hilang!  

Anyway, lesson learned keapesan yang saya alami itu adalah:
  • Kalau naik taksi dan dari awal nyium bau nggak sedap, mending nggak usah naik atau langsung turun saja!
  • Sebaiknya siapkan pakaian lengkap untuk cadangan di kantor. Iya lengkap, dari underwear, atasan, bawahan, jilbab (kalau pakai), handuk juga. Selain untuk menghadapi tragedi apes yang saya alami, baju cadangan itu bisa dipakai kalau kita kehujanan atau mengalami kesialan lain (ketumpahan apa gitu misalnya).

P.s: Rasanya waktu itu saya mencatat nama dan nomor pintu si Pak Supir Burung Biru itu. Tapi catatannya ada di ponsel yang sudah hilang.


12 comments:

  1. waduh pasti parah banget ya... kok bisa sampe nempel ke baju semua gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiii Mas! Temenku yg nyium malah ada yang sampai mau muntah.

      Delete
  2. euuuwwwhh... ngebayanginnya aja udah males deh.. Soalnya aku pernah juga tuh kayak gitu.. ampuuun, rasanya pingin buka jendela lebar2 trus julurin kepala keluar.. >____<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Beee. Nyesel kenapa waktu itu ga turun aja :( Sama bau badan kita sendiri aja suka risih. Apalagi ini??? bau badan orang dannnnnn nempelll ke baju dan badan kita. Iewww. Aku sampe mandi berkali2 tau Be.

      Trus baju itu aku minta cuci berkali2 sampe bersih, pake pewangi 5 botol (lebayyy). Tas juga dicuci (tasku dari bahan kain)

      Delete
  3. bhahahahaha.... padahal udah disemprot parfum sebotol, tapi masih bauk aja ya baju lo waktu itu x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, ini dia saksi hidup yang nyium aroma "wangi" itu... Kangen ga Ndi sama "wangi" si abang2 taksi? *buahahhaha*

      Delete
  4. wow .. aku malah baru tahu kalau bau org lain bisa nempel ke baju kita lewat AC .... emoh ah

    tahu ya knp org yg punya bau badan spt ini nggak merasa ? mungkin krn sdh terbiasa dan mungkin krn orang dis ekitarnya nggak mengingatkan, apdahal kasihan khan

    aku punya tetangga jauh, suka naik sepeda ke mana mana, kalau berpapasan sama dia rasanya bullll ... bau sekali, padahal cuma berpapasan beberapa detik lho, bagaimana kalau hidup satu rumah ? no way !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending Mba Ely ga ngerasain pengalamanku deh. Amit2.

      Iya Mba, kasihan. Aku pernah punya teman yang seperti itu dan setelah dikasih tahu alhamduillah dia mau dengerin. Dia mulai memperhatikan kebersihan tubuhnya, mau juga disuruh pakai bedak anti bau badan. Untungya, dia sadar dia bau badan.

      Sebenarnya kalau belum parah2 banget dan rajin menjaga kebersihan atau segera ganti baju kalau ketiak basah berlebihan, bisa ditanggulangi kok. Memang ya, harus ada effort. Tapi, kasus si Pak Supir ini menurut aku udah akut. Harus diobati ke dokter kulit mungkin.

      Btw, makasihh yaaa sudah mampir :)

      Delete
    2. iya bener lho , aku baru tahu kalau bau badan org lain bisa pindah ke kita, nggak bisa membayangkan kalau aku berada di posisimu saat itu :(
      jadi inget , kalau pas ada di ruangan sama sama dengan orang yg lagi merokok itu seringnya kalau pas pulang pakaian, rambut ku juga bau rokok, wadow ...

      iya , kasihan juga pak sopi ritu ya, harusnya ada teman kerja yg mengingatkan, krn mungkin dia nggak tahu kalau bau badannya begitu menusuk dan mengganggu yg lain, intiny amemang harus ada yg mengingatkan, kasihan kalau sdh parah spt pak sopir itu .. mungkin budaya yg merasa nggak enakan, atau pekewuh itu ya yg juga menjadi salah satu faktor knp nggak ada yg mau mengingatkan pak sopir itu

      terima kasih juga telah mampir di tempatku ^_^ .. ditunggu kunjungan selanjutnya

      Delete
    3. ahhh iya, rokok juga!
      aku punya sahabat cowok yang perokok berat.
      kami kalo ngobrol bisa berjam2.
      Bener aja, sampe rumah semuaaaaa tubuh dan bajuku (termasuk underwear) bau rokok -__-
      emang harus dicubit nih si sahabat biar ngurangin rokoknya.

      Delete
  5. Kok aku berharap di akhir posting ada foto Kak Emy, jadinya penampilannya kayak apa. Hehe....

    Btw, iya lho sebagai pekerja lapangan pun aku suka stres kalo ketemu temen-temen yang BB. Aku maklum sih, tapi sangat terganggu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahah Id, iyaa aku lupa ga sempet foto. Beneran deh, waktu itu kyk ondel-ondel. Kaosnya warna pink dan dari liputan film Indonesia yang judulnya ga jelas (aku ga ingat, macam film2 ababil gitu deh), trus pasminanya warna coklat (tambah ga nyambung), kainnya batik marun. Trus jaketnya, jaket jeans kl ga salah. Huhuhuhu. Untung sempat ke Sarinah beli baju dan jeans murmer. Masa ke liputan kyk ondel2:((

      Hmm iya yah, orang lapangan punya chance lebih besar ber-BB. Tapiii, sekali lagi, aku yakin itu bisa ditanggulangi.

      Delete