Wednesday, February 29, 2012

Kanan atau Kiri?


Setelah beberapa kali diprotes soal keterangan gambar di blog ini, karena terbalik antara keterangan gambar yang kanan dan kiri, saya baru sadar ternyata "penyakit" lost in direction saya masih ada.

Iya, sejak kecil saya sedikit kesulitan menentukan kiri dan kanan. Ada yang bilang itu salah satu gejala disleksia. Hmmm, bisa jadi ya. Karena saya juga sering menuliskan kata dengan urutan huruf yang salah. Hanya saja, mungkin tidak terlalu ketahuan karena saya selalu membacanya berulang-ulang. Sampai sekarang, saya masih sering salah menulis atau mengetik. Misalnya: mau menulis "padahal", malah tertulis "padalah". Tapi sindrom utama disleksia tidak saya alami. Alhamdulillah, saya tidak kesulitan membaca. Malahan, di usia 4 tahun saya sudah bisa membaca dan menulis dengan baik.

Ini dia cincin jadul kesayangan,
penanda arah kiri :p
Bagaimana supaya tidak tertukar antara kanan dan kiri? Saya memakai cincin sebagai penanda. Cincin emas yang sudah ada sejak kelas 3 SD itu selalu saya pakai di jari manis kiri. Jadi, jika sedang ragu mana kiri mana kanan, saya menjajarkan kedua tangan saya ke arah depan. Mana yang kiri? Sudah pasti arah tangan saya yang pakai cincin. Makanya saya sayang banget sama cincin ini, walaupun jadul (emas kinclong 24 karat dan bentuk hati). Tapi sekarang saya suka sok tahu dan malas mengecek dengan metode itu. Akhirnya salah lagi deh :p Anyway, saya lupa siapa yang mengajarkan trik ini.

Lalu pernahkah terjadi hal fatal soal kiri kanan? Hmmm kalau fatal sekali sih tidak pernah. Tapi yang paling sering ya kesalahan keterangan gambar. Beberapa kali caption foto tulisan saya keliru antara keterangan gambar kanan dan kiri. Jadi cacat deh tulisannya. Semoga para pembaca cerdas dan menyadari kekeliruan saya itu. Ahahahaha.

Nah, soal mencari alamat, kalau ada yang menjelaskan arah jalan, saya langsung membuat gambar sendiri di otak atau biar aman menggambarkannya di kertas. Jika petunjuk yang dia berikan tidak keliru, pasti saya bisa menemukan alamat itu dengan tepat alias tidak tersasar. Intinya, saya lebih senang gambar ketimbang catatan "belok kiri" atau "belok kanan". Begitu...

Jadi, lain kali bertemu saya, jangan bingung ya lihat saya bengong sejenak dan menjajarkan kedua tangan :p



P.s.: Entah kenapa kalau sedang period, bawaannya pengin tiduran terus. Tapi gara-gara Mayya bilang sayang kalau ga posting hari ini, secara 29 Februari cuma ada 4 tahun sekali, saya pun memaksa diri untuk menyelesaikan tulisan ini.

10 comments:

  1. dulu pas belajar kanan kiri, caranya tinggal membayangkan makan pake sendok garpu aja. yang pegangn sendok itu kanan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh, kalo cara lo begitu yak Mas. Bener juga yak :)

      Delete
  2. Wah, pernah salah ya naro foto di blog? masa sih?
    Kalau lagi di Bali trus nanya arah makin pusing lagi ga tuh Mi? mereka kan nyebutnya utara, barat, timur, selatan gitu dan bukan kiri kanan atas bawah.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Be, salah keterangan kiri-kanan gitu. Temenku yg protes, tp langsung aku benerin.

      Kalo di Bali daku kan tinggal duduk manis di belakang pak kusir eh pak sopir rental yang sedang bekerja Be :)) Ato ga ngandelin temen yg bareng pas itu. Jadinya ga pusing. Ahahahaha.

      Delete
  3. Temenku juga ada yang seperti emy, susah orientasi kiri dan kanan. Wanti-wanti aja kalau lagi boncengan dan nyari alamat, ngasih kode beloknya pake tangan, jangan bilang kanan atau kiri, karena pasti ntar salah belok. ^_^

    Bener tuh kata mas Arman. Ingat aja makan pakai tangan apa, berarti itu yang kanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 Mayya jadi inget dehhh. Benerrr, aku juga sering salah kasih instruksi ke abang taksi atau abang ojek. Pas giliran mereka belok ke arah salah, aku protes. Trus mereka blg "loh katanya kanan?" Baru deh aku jejerin tangan, "eh salah pak, maksud saya kiri". Ahahahaha.

      Delete
  4. Sama, aku juga gitu Emy. Sering bingung kalo urusan kanan-kiri. Udah gitu dulu pas di SMA ikutan paski yang sering ada aba-aba 'hadap kanan-hadap kiri'. Jadi pas kita ikutan lomba, sengaja banget aku ditaruh di tengah, maksudnya untuk meminimalisir kesalahan hahahaha... :)

    Tapi kalo nulis, dulu masih suka salah. Cuma dulu ada senior yang bilang kalo baca SMS dengan tulisan salah itu ngeselin, sejak itu kalo aku nulis SMS/email biasanya aku baca ulang beberapa kali sebelum aku kirim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh senangnya ada yg samaan soal "penyakit" kiri-kanan dan salah nulis :p *peluk Chita*

      iya Chit, aku juga masih sering salah nulis, tapi karena hati-hati dan dibaca berulang-ulang sebelum disubmit, alhamdulillah ga terlalu kelihatan kesalahannya.

      Delete
  5. Aduh sama nih soal ini. Kl gw pake penanda jam. Jam itu tgn kanan. Terus sam itu sama Chita. Gw juga ikut paskibra pas Sma. Pas seleksi udah lsg ketahuan kelemahan gw krn saat itu ga boleh pake aksesori sama sekali. Ga ada lah si penanda. Alhasil, saat suruh belok, salah mulu. Hukumannya? Teriak, ini kanan saya, ini kiri saya bergantian smbl angkat tgn. Pas mau mulai pun masih salah pula, angakt tangannya. Wkwkwk...untung lulus. Tp malunya pas kemaren reunian, kok masih ada yg ingeeeet ajaaa.

    Ksh petunjuk juga. Tp malah buat bingung orang. Krn pas mau belok kanan, tangan nunjuk ke kanan tp ngomongnya je kiri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. =))buahahahahhhaha
      welcome to the club deh kalo gitu =))

      gw lupa cerita soal ngasih petunjuk arah di post ini. gw sering ngomel2 sama abang taksi dan ojek. maksud gw belok kanan, tapi otak gw ngira itu kiri. akhirnya mulut berkoarnya kiri :p

      Delete