Friday, February 17, 2012

Malin Kundangwati



Entah kebetulan atau tidak, karena semalam itu malam Jumat, saya jadi 'kesetanan' nggak jelas. Selain negative thinking ke sahabat, semalam saya ngomong hal yang nggak pantas ke Mama. Dengan cara yang nggak pantas pula: ngebentak.

Kemarin, tumben-tumbenan saya sudah ngantuk padahal belum terlalu larut malam. Karena jarang-jarang ngantuk, saya langsung bawa tidur. Eh, baru sebentar tidur, tiba-tiba si Mama teriak-teriak bikin saya kaget. Ternyata ada telepon dari Unina. Namanya juga orang kaget (apalagi baru tidur sebentar), saya langsung pusing dan agak kesal. Kenapa sih nggak bilang saja saya sudah tidur? Lagian kenapa sih si Unina pakai telepon ke rumah, bukan ke ponsel saja. Intinya, saat itu saya gondok dan ngedumel.

Oooh, ternyata Unina cuma ngasih kabar kondisi umar yang ternyata sakit tifus. "Berarti gara-gara dia makan makanan jorok kali ya," saya berkomentar. Pas telepon ditutup, Mama yang dari tadi dengarin di bawah kepo sama pembicaraan saya dan Unina. Dia tiba-tiba naik trus nanya, "VCD jorok (maksudnya VCD porno) apaan sih?" (dengan nada curiga). Heh? Siapa yang bahas VCD jorok? Duh Mama ada-ada saja. Nggak mungkin dong yaaaa saya sama Unina bahas VCD jorok, apalagi blak-blakan gitu.

Oke saya ngaku, saya Si Sumbu Pendek. Yang gampang emosi dan reaktif kalau dicolek dikit. Apalagi kondisi saya malam itu masih jetlag karena kaget dibangunin. Langsung saya meledak jawab dengan membentak, "VCD JOROK APAAN SIHHH?? TADI EMY BILANG UMAR TIFUS GARA-GARA MAKANAN JOROK." Si Mama kaget dan geram dong ya dengar anaknya kurang ajar gitu. Dia langsung balas dengan nada tinggi juga "Kamu tuh durhaka yah ngomong sama orang tua teriak-teriak begitu." Digituin, saya malah tambah kesetanan. Saya balas lagi, "LOH KAN MAMA SAMA PAPA YANG NYONTOHIN EMY BEGINI. MAMA SAMA PAPA KAN JUGA SERING TERIAK-TERIAK. JADI PANTASLAH ANAKNYA BEGINI."

Deg. Si Mama langsung diam sejenak. Tapi dia masih terus ngomel dengan nada menurun "Kamu tuh, sudah sekolah tinggi-tinggi, kok begitu sama orang tua." Saya yang masih belum sadar, langsung ngeloyor ke kamar. Setelah mereda , otak dan hati saya mulai bisa mikir. Saya menyesal bersikap sekasar itu sama Mama. Memang sih Mama dan Papa kalau lagi ngomel sering dengan nada tinggi (mungkin karena orang Sumatera) dan saya merasa itu bikin saya terlatih ngebantah dengan cara yang sama (bahkan lebih hebat). Tapi kan, saya nggak pantas bilang begitu. Pasti bikin Mama sedih.

Awalnya saya mau langsung minta maaf. Tapi saat saya melongok ke bawah, lampu ruang tengah sudah dipadamkan. Artinya Mama sudah tidur. Saya nggak mau ganggu. Paginya, saya minta maaf dengan cara lain. Saya tiba-tiba rajin cuci piring. Lalu juga nelpon Mama (pagi-pagi banget ternyata Mama udah ke rumah sakit, gantian jaga sama Unina) dengan suara lembut. "Ma, nanti si Mbak mau datang jam berapa?". "Jam 10-an kali. Emy dengarin ya kalau dia ketuk pintu," jawab Mama dengan nada biasa. Mudah-mudahan beliau sudah tidak marah. "Oke Ma," jawab saya.

Tadi sore waktu balik ke rumah, saya bukain pintu dan dengarin dia cerita soal Umar di rumah sakit. Mama itu senang cerita dan curhat. And the only best way to make her happy is just listening to her. Jadilah saya duduk manis dengar dia cerita. Sambil natap mata dia, dalam hati saya bilang "Maaf ya Ma" :(


Tertanda,

Malin Kundangwati.

4 comments:

  1. Replies
    1. :(( ini malahan udah dikutuk jadi karung beras i

      Delete
  2. hehehe nyesel ya kalo abis ngomong dengan nada tinggi ke orang tua. gua juga suka gitu nyesel banget. :( tapi ortu pasti maafin kita lah... :D

    btw, walaupun bukan orang sumatra, tapi gua ama bokap gua juga kalo ngomong nadanya suka tinggi. padahal kita gak lagi marah.

    yang lucu pernah waktu itu si andrew masih kecil, denger gua lagi ngomong ama bokap dengan nada tinggi (sekali lagi padahal gak lagi marah ya, cuma debat2 aja), eh si andrew trus marah ke kita katnaya kita gak boleh marah2an. huahahaha.
    padahal kitanya gak lagi marah dan gak nyadar kalo ngomongnya nadanya tinggi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, orang tua kita tuh memang the best yah :( kasihnya sepanjang masa *duh jadi mbrebes*

      oh lo dan bokap ngomongnya juga tenor (nada tinggi maksudnya :D)? Ih sama kyk di keluarga gw. kami udah biasa tuh ngomong dengan nada tinggi. sama Papa, gw juga sering berdebat (bukan berantem yaaa).

      nah, pernah ada teman ikut mobil kami. di mobil kami berdebat seperti biasa, ehhhh dia kira kami berantem. trus gw kasih tau, kami ga berantem dan biasa kyk gitu. dia langsung melongo. emang ya tiap keluarga itu beda2.

      btw, lucu ya Andrew, pasti dia orangnya lembut yaaa.

      Delete