Sunday, March 18, 2012

JADOEL: Nostalgila 90'an

Sudah dua hari belakangan, saya ngobrol ngalor ngidul nggak jelas sama Si Gokil Bebe via YM, Twitter, ataupun Whatsapp. Apa sajaaa diobrolin, dari A-Z, nggak ada habis-habisnya. Mungkin karena kami satu angkatan (Sama-sama kelahiran '83, tapi masih terlihat seperti kelahiran '93. #eaaaaaaaaa #siap2ditimpukmassa), jadi banyak cerita yang beririsan.

Nah, sampailah kami pada obrolan tentang zaman-zaman SD-SMP-SMA dulu, yang semuanya kami lalui di tahun 90'an. Emang ya, nostalgia itu menyenangkan. Kami ngakak ngebahas kegaulan keculunan kami di masa itu. Dasar otak blogger, kami pun mikir tema ini lucu juga kalau dijadikan tulisan. Kami lalu brainstorming, membuat list apa saja sih yang menarik dari tahun '90-an. Ternyata, banyakkkkkkkk bok!

Jadilah, kami berniat akan menulis post tentang 90-an. Apa saja pokoknya! Ya tentang fashion, gaya pacaran, jajanan, tempat nongkrong, bahasa gaul, acara televisi, artis, gadget kala itu, film, lagu, sekolah dan ritualnya, cela2an jaman dulu, permainan tradisional, games, bacaan, dan arrrrggggghhh banyak deh.

Walaupun tema besarnya sama, semua orang pasti punya cerita unik yang berbeda kan? Misalnya, soal sinetron Bebe lebih sering nonton Noktah Merah Perkawinan, sedangkan saya (walaupun nonton itu juga) tapi juga nonton Hati Seluas Samudera (dapat salam dari Opa Jeremy Thomas, ahahaha). Atau mungkin, karena perbedaan status psikogeografis (status sosial dan tempat tinggal), maka gaya 90-an nya pun tidak sama. Misalnya, karena dari keluarga sederhana, saya nggak pernah tuh beli Barbie asli. Jadi, dulu saya mainannya Barbie KW 10 yang terbuat dari plastik yang gampang mletot (dih bahasa apaan tuh?) dan namanya pun aneh-aneh seperti Cindy, Betty, and kawan-kawan. Ahahahaha.

Makanya, hayuk teman-teman 90'an lainnya, yang mau ikutan dengan versi sendiri atau mau kembaran, sok atuh. Siapa tahu, kalau sudah banyak, post-nya bisa kita compile trus dijadiin buku deh! Seru kan? kan? kan?

Di bawah ini, logo versi saya. Oiya, untuk tema tulisan kali ini, saya nggak menentukan hari penulisan. Kapan saja. Tapi sih semoga bisa minimal dua minggu sekali. Lebih sering, lebih bagus. Karena pasti banyak banget yaaa cerita di masa itu.

Selamat pagi Jakarta, mari bernostalgia!




14 comments:

  1. gile kok masih inget sih judul2 sinetron th 90-an? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya inget dong Mas, kita kan masih muda. Emangnya lo, percuma GANTENG, masa gitu aja lupa. Umur tuh emang ga ngebohongin yak. *siul-siul* *angkat alis kiri*

      buahahahahaha.
      (kaburrrrrr)

      Delete
  2. Hiaaa...jadi ingat sinetron Primus ama Desy Ratnasari deh! Apa itu judulnya? Lupaaaa...
    Klo aku kurang demen main Barbie, demennya main Susan...sejak pilem Chucky muncul...aku malah jadi takut ama boneka Susankuuuuu....T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judulnya Cinta, Mayy!
      Ost. nya Bahasa Kalbu Titi DJ.
      Btw, itu emangnya 90'an yah?
      Bukannya 2000-an? *amnesia*

      Eh ayuk dong Mayy, ikutan.
      Yah, kalau keinget aja, bahas satu2.
      Pengin tahu juga era 90-annya Mayya kyk gimana.

      Delete
    2. Hapal banget ya emy hahaha...
      Kayak kamus *getok kepala*

      Yang pasti era 90-an disini masih banyak hutan dan rawa, my! Hahaha...

      Delete
    3. pokoknya ikutan ya Mayy. pasti kan 90-an di daerah kamu beda. pengin aja baca. mungkin ada mainan yang aku ga mainin di sini.

      Delete
  3. pas banget nih sama aku, aku kan lahirnya tahun 90an.. *minta digeplak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi inget, di salah satu post kamu, si Bos bilang "Mariska maaf, kontrak FSJ kamu cuma ga full karena tahun ini umur kamu udah 35" =))#FitnahTingkatDewa =))kaburrrrrrrr

      Delete
  4. The best decade emang 90s itu. Pas masih anak-anak banyak acara musik anak-anak sama kartun bagus. Jadi remaja ada serial-serial remaja plus MTV. Begitu agak gede lagi, serial-serial di TV lokal juga masih bagus-bagus. Nah, sekarang???

    Jadi pengen ikutan nulis:)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkk! kalau boleh aku usul, nulisnya jangan dipol semua. Satu-satu aja. Misalnya lagi pengin bahas salah satu jajanan: anak mas. Trus ada cerita seputar anak mas (misalnya, makan anak mas setiap hari. Trus sering dipalaki, dll). Intinya, tulisan kecil2, yang khas pengalaman sendiri.

      Atau mungkin kalau cuma satu produk ga terlalu banyak cerita, boleh digabungin dengan jajanan lain. Itu sih usulku. Biar jadi banyak aja.

      Delete
  5. ketuker2 eeuyy 90an ama 80an hahaha... maklum idupnya separo-paro jaman itu.

    Kalo satria baja hitam sama saint seiya tahun berapaan tuh ya? Ga pengen cari barbie, carinya malah Saint Seiya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp Vic.
      ayuk cerita jamam dulu versi masing2.
      gw pengin tau.
      pasti ada yg beririsan lahhh.

      Delete
  6. iya bener bgt. mulai akhir 80an sampe awal 2000an masih enak untuk dikenang sampe bikin ketawa sendiri (untung msh waras) hehehehe... ada rencana juga nulis di blog tapi blm sempet2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin! *ngomongnya sambil bercermin, karena saya juga belum nulis* haha.

      Delete