Monday, March 5, 2012

What An Ignorant Daughter!

Credit: Jonathan Ruchti (sxc.hu)

Saat mengetik tulisan ini, saya baruuuuu saja diomeli Papa. Nggak kece banget ya, sudah tua bangka begini masih diomelin orang tua. Huhuhu, tapi memang saya yang keterlaluan.

Pukul 16:30 Papa pulang dari mancing. Sabtu-Minggu memang jadwal mancingnya. Tiba-tiba dari bawah Papa manggil saya dengan nada marah. Walaupun anak pembangkang dan pemberontak, saya pasti mengaku kalau memang salah. Seperti tadi. Waktu Papa ngomel, saya cuma diam. Tidak membantah sama sekali.

Apa sih yang bikin Papa ngomel? Alasannya karena di meja makan nggak ada makanan sama sekali, kecuali sambal tomat Mama yang dibikin 2 hari lalu. Dari hari Jumat, Mama pergi ke Padang. Otomatis tidak ada yang masak. Mbak yang datang ke rumah, tugasnya hanya mencuci, menyetrika, dan membersihkan rumah. Jadi, kalau Mama sedang pergi begini, urusan masak-memasak, tanggung jawab Unina dan saya.

Jumat masih tersisa lauk masakan Mama. Aman. Sabtu, Unina masak sayur asem dan tumis ikan gabus. Malamnya, Unina beli tongseng. Situasi masih terkendali. Nahhh hari ini meja makan isinya cuma sambal. Dari semalam sampai Papa teriakin tadi sore, saya di kamar terus. Iya, saya memang betah ngendon di kamar seharian. Jadi nggak tahu apa yang terjadi di bawah. Semua kebutuhan terpenuhi di lantai atas. Seharian saya cuma makan pop mie yang diseduh dengan air panas dispenser, yang juga ada di lantai atas.

Waktu Papa ngomel "Masa nggak ada makanan sama sekali? Papa lapar." Saya baru sadar, ya ampunnnn Mama kan ke Padang dan saya lupa ngecek makanan untuk Papa. Asli, saya lupa. Oiya, hari ini Unina sekeluarga pergi. Jadi di rumah cuma ada saya dan Papa. Tadinya sempat pengin melimpahkan kesalahan ke Unina, karena dia nggak masak sebelum pergi. Tapi, saya pikir kok nggak adil ya. Lagi pula, ternyata Unina sudah masak nasi.

Sementara Papa masih ngomel, saya langsung ke dapur. Ternyata dapur berantakan. Tumpukan piring belum dicuci. Saya lantas memutuskan mencuci piring dulu. Dari kamarnya, saya dengar Papa bilang "Punya anak perempuan kok dua-duanya nggak perhatian sama orang tua. Gimana kalau Mama benar-benar nggak ada ya? Mungkin Papa luntang-lantung, nggak ada yang ngurusin." Sedih deh dengar itu. Iya, saya memang putri yang nggak perhatian. Kalimat menohok lainnya adalah "Gimana mau hidup mandiri?"

Tadi sore, saya merasa jadi orang paling nggak berguna. Selesai cuci piring, sumpah loh saya nggak punya ide mau masak apa :( Mau masak telur ceplok (itu doang yang saya bisa) kayaknya nggak nafsuin untuk Papa yang lagi kelaparan. Pengin bikin nasi goreng, bingung ngulek cabenya :(  Saya nyerah. Akhirnya saya membeli bebek goreng. Kebetulan, bebek goreng salah satu makanan kesukaan Papa.

Karena lihat anak ceweknya merasa bersalah dan sigap beli makanan, Papa langsung ambil piring sendiri dan melahap bebek goreng. Dia sempat bilang bebeknya keras.  Untung saya beli tahu tempe goreng juga. Jadi, setidaknya ada lauk yang mendingan. Selesai Papa makan, saya goreng telur ceplok dua buah. Jaga-jaga kalau dia masih lapar.

Alhamdulillah sebelum jam makan malam, Unina sudah pulang. Dia beli sop buntut untuk Papa. Ahhh lega, makan malam sudah tersedia. Pas makan, Papa ngajak saya mencicipi sop buntut itu. Dia pengin kami makan bareng, karena tahu saya belum makan malam. So sweet yah bapak saya...

Tidak Pernah Ke Dapur
Sebenarnya ini pernah terjadi sebelumnya. Tepatnya waktu Mama naik haji tahun lalu. Suatu malam, saya dan Unina asik makan indomie rebus. Tiba-tiba Papa keluar kamar dan bilang "Kalian nggak tahu apa Papa belum makan?" Saya dan Unina cuma bengong, karena kami kira Papa sudah makan di luar. Untung Unina bisa masak. Dia langsung bikin beberapa masakan: tumis kacang panjang, sambal goreng petai, dan telur ceplok. Awalnya Papa gengsi makan masakan Unina. Tapi setelah kami tinggal ke atas, Papa melahap masakan Unina. Sejak saat itulah, saya dan Unina berjanji untuk merhatiin makan Papa, kalau Mama lagi bepergian. Ehhh taunya, saya masih saja lalai  :(

Papa tidak ribet soal makanan. Tapi mungkin dia begitu karena ingin mendidik putrinya. Saya merasa sikap cuek soal dapur karena sejak kecil saya tidak pernah ke dapur. Saya ingat dulu Mama melarang saya ke dapur karena dianggap ngerecokin. Akibatnya? Saya mati gaya soal masak-memasak. Saya cuma bisa masak telur goreng dan indomie.

Di luar keahlian masak saya yang nol besar, kekecewaan terbesar Papa adalah karena saya tidak perhatian. Dia tidak menuntut saya harus masak sendiri. Beli di luar nggak apa, asalkan saya ingat Papa. Dulu, kayaknya Papa lebih cuek soal ini. Mungkin karena sekarang semakin tua, Papa tambah mellow.

Maaf ya Pa.



P.s: Semakin bertekad pengin belajar dan latihan masak.

18 comments:

  1. Ayo semangat... resep2nya bisa langsung meluncur ke blog saya.. *komen reklam ala bebe* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ah Be. Mulai besok, mo iseng ke dapur. Sumpah berasa useless. I do not know what to do.

      Kebayang ga sih nanti anakku tiap hari makan telor ceplok :(

      Delete
  2. Ga selalu telor ceplok kok My, tapipaling diselingi indomie juga.. :P
    Soal masak kadang ada yang bilang panggilan hati juga sih bo.. mungkin sang kompor dan wajan belum sempat mengetuk hatimu... *makin ngaco komennya*

    diriku juga baru mulai masak pas tinggal sendiri nih, kayaknya musti kepept dulu baru jalan kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Be. tapi pengin banget belajar tanpa harus ada kondisi kepepet dulu.

      Delete
  3. Ayo Kak Emy...belajar masak. Bikin camilan yang gampang-gampang dulu aja biar Papa-nya seneng. Abis itu baru masak yang 'beneran'. Semangat ya. Beneran deh, kalo orang-orang yang kita sayang doyan makan apa yang kita masak, itu rasanya bahagiaaa banget:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah ied. kapan ied ada waktu. bagilah ilmu bikin kuenya dikit ke aku :( kue yg paling simple dulu. okeh? gpp kok aku harus nyamper ke depok. *serius*

      Delete
  4. kalo pas lagi buru2 karena udah laper, kenapa gak pesan antar aja? kan gampang dan praktis... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm iya juga ya.... ga kepikiran. tapi si papa prefer makanan rumahan.

      Delete
  5. Duh..duh emy yang sedang galau...

    Gapapa kok, klo emang belum bisa masak. Yang penting, emy perhatiin aja klo mama dan unina masak di dapur.

    Suer, beneran, aku juga gitu. Gak pernah masak, tapi sering bantu-bantu mama di dapur. Jadinya, waktu udah nikah dan blek, tinggal berdua aja, mau gak mau aku masak, dan ternyata bisa kok.

    Oke, sweety?

    (Huhuhu...liat postingan ini jadi teringat alm papa yang suka dimasakin mie rebus buatanku huhuhuhu...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you Mayy >:d<
      kamu masih mending masih bantuin mamamu. aku ga sama sekali. ahahahaha parahhh.

      yahhh tuh kan Mayya jadi inget (alm) papanya *puk2 Mayya*

      Delete
  6. ayo smangat belajar masak mbak ^^
    jadi inget alm papa :) dia paling suka aku masakin nasgor,dan orangnya gag repot,apa aja dimakan..saat mama lagi diluar kota jadi belajar masak disitu dan papa jadi orang pertama yang merasakan masakanku :) dan sebelum beliau meninggal, aku beliin makanan favoritnya KFC..
    i miss my papa T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ranny, makasih yaaa!
      temanku juga ada yg bilang begitu. senangnya melihat orang2 yg kita sayang makan masakan kita dengan lahap.

      btw, salam kenal dan makasih udah mampir balik.
      aku yg duluan lihat2 blog kamu tapi belum sempat komen2. hihihi

      Delete
  7. haduh, aku ga pernah ngerasain kayak kamu tuh My. Bokap alm, selalu tersedia makanan. Walaupun kalau ga ada ikan, pasti selalu bilang, mami ga masak ya..hahhaha

    Tapi soal belajar masak, yah terpaksa, karena nyokap maksa gue mbantuin di dapur (halaah). At least tau trik2nya deh. Jadi kl minta resep via sms (skrg BBM), gue ga perlu dikasih tau caranya, cukup bahannya aja.

    Apa gue posting resep2 gampang ajah kali yaaak. SMS recipes. Masalahnya ga pernah pake takeran sih (ga membantu yak).

    Masak tumis aja yg gampang My. Nasi goreng juga ga perlu ngulek cabe kok. Gue siap menjawab pertanyaan, tapi bukan pesanan looh heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikkk, nanti gw tanya2 soal masak yaak :p renacananya mo praktik, sabtu ini nih :p
      masak yg gampang2 aja duluuuu... (apaan yak?)

      Delete
    2. tumis aja neng. Gampang buanget cuma bw merah iris n putih digeprek (ga ada ulekan hehehe), terus loe masukin macem2 sayuran yg loe pengen (or ada di kulkas).
      Tumis pake mentega bawang sampe wangi, kasih cabe kalo suka. Terus masukin misalnya buncis iris2, wortel iris2, jagung kaleng, jamur kaleng. Kasih saus tiram, gula garam lada. Trus tambah air sedikit. Biarin sebentar sampe mateng.
      Tadaaa, paling 15-30 menitan laah sama motong2nya :p

      Selamat belajar :)

      Delete
    3. sippp. nantikan laporan percobaan masak memasakku weekend ini. hihihi.

      Delete
  8. hiks.. jadi kangen Papah di rumah.. :')

    urusan masak jadi tanggung jawab aku kalau di rumah, buat Papah biasanya yang bingung karena Beliau ga mau makan goreng-gorengan atau berlemak, ga mungkin dong aku bikinin pindang ikan melulu..

    coba masak yang gampang-gampang aja dulu My, tumis sayuran dikasih potongan daging ayam atau sosis juga enak dan gampang tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh, Ajeng jadi kangen Papahnya deh tuh :(( Liatin fotonya aja dulu, ato ga telpon gih.

      Rencananya Sabtu ini nih mau praktek. Doakan saya yaaa.

      Btw, makasih ide nya :* kyknya mo coba yang tumis-tumis dulu.

      Delete