Friday, March 2, 2012

Balada Oleh-oleh

Credit: monique72 (sxc.hu)

Ini cerita tentang oleh-oleh. Tepatnya, saat saya plesir ke Singapura April 2011. Bisa dibilang, ini pengalaman memalukan. Saya sadar itu semua terjadi karena saya lagi sensi berat. Padahal, biasanya saya cuek dan tidak perasa.

Begini ceritanya. Meski pergi dengan bujet paspasan, saya bela-belain membeli oleh-oleh untuk sahabat Gengbelengan. Padahal, sebelumnya mereka nggak minta apa-apa loh. Saya berinisiatif sendiri. Waktu itu saya menghindari oleh-oleh seperti gantungan kunci atau tempelan kulkas. Saya memilih oleh-oleh yang bisa kami nikmati bersama. Pilihan jatuh pada cokelat.

Saya membeli Hersey dan Ferrero Rocher. Emang di Jakarta nggak ada? Ada sih, tapi harganya di Singapura lumayan miring. Lagian mereka juga jarang beli cokelat itu. Biasanya kan coki-coki. Ahahahaha. Saya sudah membayangkan serunya kami menikmati cokelat-cokelat itu sambil ngobrol.

Karena sudah tidak sabar menyerahkan oleh-oleh itu, saya langsung mengajak mereka (minus Mas Fani, karena dia lagi lembur kerja) bertemu, tak lama berselang saya mendarat di Jakarta. Saya ingin sekali melihat wajah puas mereka menerima oleh-oleh saya. 

Tapi apa yang terjadi? Ade, yang terkenal berlidah sensitif, dengan polos dan tanpa rasa berdosa berkomentar "Ihhh manis bangetttt!" setelah mencicipi milk chocolate Hersey. Ayu, yang datang belakangan, saat melihat bungkus Hersey dan membaca tulisan milk chocolate, langsung protes "Yahhhh, milk chocolate yahhh??? Manis banget deh pasti. Gue kurang suka." Waktu Ade mencoba Hersey, Fadli sempat ikut mencicipi dan mengiyakan pendapat Ade. Tapi kemudian dia mengalihkan perhatian ke kotak cokelat Ferrero Rocher kesukaannya.

Sebenarnya wajar banget mereka berkomentar begitu. Toh selera orang berbeda. Lah, kalau kenyataannya milk chocolate memang manis dan tidak pas dengan lidah mereka, memangnya salah? Yang salah adalah saya, karena tidak menanyakan pasti cokelat jenis apa yang mereka suka.

Sekarang sih saya bisa berpendapat begitu. Tapi, waktu kejadian, saya sensinya setengah mati. Saat semua protes cokelatnya kemanisan, saya kecewa. Saya kira, saya akan menerima muka-muka bahagia dan excited. Tapi kenyataannya berbeda.

Sampai di rumah, saya langsung menelepon Mas Fani, cerita soal kejadian itu. Pakai nangis sesegukan segala. Ahahahahaha. Sampai akhirnya keluar kata-kata "Gue udah capek-capek nggak mikirin diri gue, ehh taunya begitu. Nggak bisa apa protesnya nanti aja? Minimal bilang terima kasih kek. Sumpah, besok-besok nggak akan gue bawain oleh-oleh lagi," uneg-uneg saya. Deg. Setelah lega, saya baru sadar. Ahhh iya, saya sensi pasti karena capek baru pulang. Ya namanya kondisi fisik melemah, kemampuan otak berpikir jernih juga menurun. Saya geli sendiri sama kekecewaan yang saya alami.

Bukan Kewajiban
Dari apa yang saya rasakan, meskipun waktu itu over sensi, saya akhirnya menyadari beberapa hal. Pertama, jangan pernah berharap apapun dari manusia, termasuk soal perlakuan yang kita terima. Kaitannya sama oleh-oleh? Ya, jangan berharap penerima oleh-oleh akan merasa senang atau excited. Kedua, supaya aman, pilih oleh-oleh standar tapi khas. Contohnya? Gantungan kunci, magnet kulkas, kaus, atau pajangan khas daerah itu. Tapi ingat juga, karena oleh-olehnya standar, kemungkinan penerimaan yang biasa saja juga sangat besar. Ketiga, klise tapi nampol: keikhlasan. Karena sejak awal niat memberi, harusnya tak peduli apapun respons penerima, kita tetap lapang dada.

Sedangkan, kalau jadi penerima oleh-oleh, saya bertekad untuk:  Pertama, menerima oleh-oleh (apapun bentuknya itu) dengan ucapan terima kasih. Suka tidak suka, tidak perlulah diutarakan di depan si pemberi. Atau lebih parah lagi menggosipkan ke orang lain. Sudah bagus diberi oleh-oleh gratis. Coba pertimbangkan waktu yang dialokasikan Si Pemberi. Kedua, kalau memang terpaksa menitip, saya akan menjelaskan detail barang dan memberikan uang tunai dengan mata uang sesuai negara tujuan. Jangan sampai yang dititipi kesulitan mencari toko, apalagi menutupi kekurangan uang.

Terakhir, sebisa mungkin saya tidak berharap atau menagih oleh-oleh atau menitip barang pada orang yang bepergian. Mereka kan mau bersenang-senang, kasihan kalau harus dibebani dengan permintaan oleh-oleh atau barang titipan kita. Sekarang, setiap mendengar ada yang mau bepergian, saya tidak lagi latah bilang "Jangan lupa oleh-oleh ya". Meskipun niat awalnya bercanda atau sekadar basa-basi, itu bisa dianggap serius oleh mereka. Kalaupun ditawarkan mau oleh-oleh apa, saya memilih menjawab "Nggak usah. Yang penting, enjoy your trip!" Jika tetap memaksa, saya akan bilang "Terserah saja". Karena menurut saya, membawakan oleh-oleh hanyalah tradisi. Bukan suatu kewajiban.

21 comments:

  1. oleh2 emang masalah sensitif ya..
    gak dibawain oleh2 ntar dibilang kok gak ngasih oleh2...
    dibawain oleh2, eh dibilang gak enak atau gak bagus..

    jadi serba salah... :P

    intinya sebenernya di penerima oleh2nya. udah bagus lho dikasih oleh2. mau suka atau gak suka, namanya juga dikasih ya (gak disuruh bayar gitu lho) ya terima aja dengan suka cita. dan harus lho bilang terima kasih.

    masalah ntar mau dimakan atau gak.. ya ntar aja kali.. gak usah sampe ngasih tau yang ngasih oleh2nya... :P

    ReplyDelete
  2. Setuju banget sama Arman... kalo soal oleh2 mah, sebagai penerima ya terima aja apa adanya.. urusan suka/ga itu nanti.. reaksi dirimu untuk kesel itu sebenernya wajar kok... aku juga pasti bakal ngedumel2 sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you Be udah ngertiin kondisi aku waktu itu >:D< tapi sebenernya aku orangnya badak dan ga gampang sensi:p mo dicela gimana juga(termasuk oleh2) biasanya cuek. ahahahaha

      Delete
  3. iya bener kalo dititipin kadang suka ngerasa beban apalagi kalo waktu yang dipunya mepet dan susah nyari nya tuh barang alias gak ketemu2... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhaaha jadi inget waktu ke spore oktober ya Neng... dirimu pusying nyari barang titipan :p

      Delete
  4. Aku gak tau mau komen apa.

    Abis kamu nggak pernah bawain aku oleh-oleh sih. Hih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita kan selama ini udah bagi tugas :*
      tugas kamu ngasih aku oleh2, tugasku nerima oleh2 dan traktir aku.
      ahahahahha

      Delete
    2. ralat: tugasku: nerima oleh2 dan traktiran darimu :*

      Delete
  5. klo aku sih, klo ngasih oleh2 mikirnya barang yg bs kepake, biasanya kaos.. kkk~ cm lama2 bosen jg, akhirnya klo liburan ga bilang2 biar ga ditanya2in oleh2.. hehehe...

    klo nitip, hmm br sekali yg pas temen ke korea itu.. emang dia nya jg menawarkan, & ak nitipnya yg printil2 jd bharapnya sih ga memberatkan dia.. :D

    trs klo coklat beli di singapur/malaysia emg lebih murah ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah La, mending ngasih yg bisa dipake.

      bener, kalau bisa nitip oleh2 jgn sampe nyusahin :)

      Delete
  6. Waaahhh... ada Hersey di Singapura yah? Uuhhh mauuu... *hersey lover, apalagi yang kisses isi almond*

    Untuk masalah oleh-oleh, aku juga sering dilematis ma kaya kamu. Hmm... mo nulis tapi nanti kayanya bakal panjang, apa aku post sekalian di blogku aja kali yah... :) *tambah dilematis* hahahahaha... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. adaaa Chit.
      aku belinya di Universal Studio Singapore.

      ayo dong dishare pengalamam soal oleh-olehnya di blog mu :)

      Delete
  7. aku suka endingnya , berusaha untuk tidak minta apalagi pesen oleh oleh, krn mereka yg bepergian itu juga penuh kopernya, bayangkan kalau banyka yg nitip oleh oleh

    aku jg pernah kecewa, sdh banyak2 tak bawain oleh2 dr sini mereka pada bilang kemanisan lah dsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kadang kita lupa jangan-jangan koper mereka sudah penuh. atau bujet mereka tidak ada untuk membeli oleh-oleh. atau jadwal mereka padat.

      trus, setelah pernah kecewa, apa mba elly kapok bawa oleh2?

      Delete
  8. inget cerita Sputnik pas mau liburan ke Indo tahun lalu, "orang-orang Indonesia selalu pengen oleh-oleh. beda dengan orang sini." gara2 temen2nya di Indo pada nagih oleh-oleh sebelum dia berangkat. lucunya, Mamah aku malah nitip banyak buat dikasih ke aku saat dia balik lagi ke sini.. *sayang anak sayang anak* :p

    well, bukankah yang penting niat si pemberi daripada apa barangnya ya? jangan kapok ya My, sama-sama ikhlas sebagai pemberi dan penerima :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benul Jengg.
      insyaAllah sih ga kapok.
      waktu itu aku sensi, karena capek aja, baru mendarat langsung ketemuan sama sahabat2.

      setelah kejadian itu, aku pergi2 lagi tetep bawa oleh2 donggg. tapiii,aku siasatin ngasihnya pas aku udah istirahat. Jadinya, kalau ada yg bawel2 dikit bahas oleh2, aku ga sensi :p

      btw, ciye ciyeee Sputnik niyeeeeee. uhuyyyyy.

      Delete
  9. haha iya Sputnik lagi, someone from the past ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm begitukah? yayayaya *angguk2* >:D<

      Delete
  10. seru kalo lagi cari oleh2...

    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya benar...
      penginnya semua dibeliin, semua senang :)

      Delete